UKM SNI Sharing & Penyerahan Simbolis Sertifikat SNI kepada PT. PMCT di Makassar

Manajemen Astoetik mengadakan Evaluasi Tahunan 2016 dan Outbond di Pindul untuk Perbaikan Berkelanjutan dan Keakraban
January 5, 2017
PT. PMC Teknikindo Meraih Penghargaan Perak SNI Award 2017
November 26, 2017

UKM SNI Sharing & Penyerahan Simbolis Sertifikat SNI kepada PT. PMCT di Makassar

Masih dalam rangkaian kegiatan Bulan Mutu Nasional (BMN) 2017, Badan Standardisasi Nasional (BSN) menyelenggarakan Talkshow Success Story UMKM Penerap SNI: “Manfaat Penerapan SNI bagi UMKM” pada Kamis (26/10/2017) di Makassar, Sulawesi Selatan. Acara yang dibuka Kepala BSN, Bambang Prasetya dihadiri oleh industri, instansi, Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK), masyarakat umum dengan narasumber Direktur PT Putra Multi Cipta Teknikindo (Kompor Batik Listrik BerSNI), Nova Suparmanto; Pemilik Mina Food (Naget berSNI), Erlina Restu; Pemilik BDS Snack (Amplang berSNI), Sriastuti; Pemilik Abien Naya – Slime, Imelda dan Naya; Pemilik UKM 88 Marijo, Mariyani; serta Pemilik Eltisyah, Askari.

Pembinaan penerapan SNI kepada pelaku usaha mikro kecil menengah dilakukan dengan kerjasama dan sinergi dengan berbagai pihak. “Beberapa Role Model yang telah dibina merasakan manfaatnya setelah mendapatkan SNI, seperti proses produksi  lebih teratur, usaha dikelola lebih baik, kepercayaan konsumen semakin tinggi dan akses pasar semakin luas yang pada intinya meningkatkan omset perusahaan,” kata Bambang (Kepala BSN).

Dalam talkshow  industri penerap SNI ini mengaku setelah menerapkan SNI produksi dan penjualannya meningkat. Nova Suparmanto, Pemilik Kompor Batik Listrik Astoetik mengatakan berawal menjadi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), ia menciptakan kompor energi listrik untuk membatik. Kompor listrik Astoetik menggunakan teknologi modern yang hemat energi dan ramah  lingkungan. Setelah menerapkan SNI IEC 60335-2-9:2010 Peranti listrik rumah tangga dan sejenis – Keselamtan Bagian 2-9: Persyaratan khusus untuk pemanggang, pemanggang roti dan pemasak portabel sejenis, Astoetik lebih percaya diri meningkatkan akses pasarnya. Bahkan dengan sertifikat SNI ini, produk Astoetik mampu masuk dalam katalog pengadaan barang pemerintah.

Melalui Talkshow Success Story UMKM Penerap SNI: “Manfaat Penerapan SNI bagi UMKM” diharapkan dapat bermanfaat dan memperluas industri  lainnya untuk menerapkan SNI sehingga dapat bersaing di pasar perdagangan global.

Selain talkshow, juga dilakukan pemberian sertifikat SNI kepada UMKM penerap SNI kepada PT Putra Multi Cipta Teknikindo; Mina Food; BDS Snack; dan Abien Naya – Slime yang disaksikan oleh Kepala BSN dan Direktur Pengolahan dan Bina Mutu Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Innes Rahmania. (NS)

 

Referensi: http://bsn.go.id/main/berita/berita_det/8828/UMKM-Peerap-SNI-Berbagi-Pengalaman#.WgAAwjBx3IV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *